Program Pembiasaan

A. Pembiasaan Harian

Waktu KegiatanNama KegiatanKeterangan
06.30-07.00Shalat DhuhaSeluruh warga sekolah kecuali Guru piket dan Satpam
07.00-07.15Masuk ke Madrasah/KelasGuru mengisi absen digital (Finger Print) dan absen manual sedangkan siswa mengisi sendiri absen kelas dengan keterangan waktu sesuai urutan ketika mereka datang. Walaupun siswa datang terlambat guru tidak menerapkan sanksi karena dengan adanya absen mandiri ini, diharapkan dapat memotivasi siswa yang hadir terlambat. Bila ada siswa tidak pernah masuk akan ditindak lanjuti oleh wali kelas dan BK/BP.
07.15-17.30Mengaji Juz’ammaGuru menyimak pembacaan juz amma oleh salah satu siswa melalui pengeras suara sedangkan peserta didik mengaji dan membaca juz amma yang dipimpin oleh OSIS di masing-masing kelas. 
07.15-17.30Pembacaan Kitab Kuning Guru yang terjadwal membimbing peserta didik kelas unggulan untuk mengajarkan kitab kuning (al-akhlaqul lil banin, matan jurmiyah dll) sebelum mulai belajar bertempat di Musholla Madrasah. Kegiatan dilaksanakan setiap hari kecuali hari jum’at.
07.15-17.30Menghafal Zuj ammaGuru pembimbing menyimak dan mendengarkan setoran hafalan zuj amma oleh peserta didik. Bila hafalan belum lancar maka akan dilakukan pengulangan.
07.30-10.10Kegiatan pembelajaranGuru dan peserta didik melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai jadwal. Adapun kurikulum yang digunakan di madrasah yaitu Kurikulum 2013 untuk kelas VII dan VIII sedangkan kelas IX dengan kurikulum KTSP.
10.10-10.30IstirahatGuru dan peserta didik mengisi wakktu istirahat dengan jajanan yang dibeli di kantin atau kios yang berada disekitar madrasah.
10.30-13.10Kegiatan pembelajaranGuru beserta peserta didik melakukan proses kegiatan belajar mengajar.
13.10-13.30Persiapan Pulang Bagi Peserta Didik Kelas IXGuru membimbing siswa untuk membaca doa setelah belajar sebelum pulang ke rumah.
13.10-13.50Shalat Dzuhur BerjamaahGuru membimbing peserta didik untuk pergi ke Mushola sekolah untuk melakukan shalat dzuhur berjamaah bagi kelas VII dan VIII. Sedangkan Kelas IX sholat dzuhur secara mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan orang tua.
13.50-14.30Kegiatan PembelajaranGuru dan Peserta didik kelas VII dan VIII melaksanakan proses kegiatan pembelajaran.
14.30-14.45Persiapan PulangGuru membimbing siswa untuk membaca doa setelah belajar sebelum pulang ke rumah.
15.00-17.00Kegiatan Ekstra KurikulerBagi peserta didik yang mengikuti ekskul siswa melanjutkan kegiatan ekskulnya masing-masing sesuai dengan minatnya dan dibimbing oleh guru pembina serta pelatih eskul.

B. Pembiasaan Mingguan, Bulanan dan Tahunan

Waktu Kegiatan (HARI/BULAN)Nama KegiatanKeterangan
SENINUpacara BenderaGuru dan peserta didik mengikuti pelaksanaan kegiatan upacara bendera setiap hari Senin. Adapun pembina dan petugas pelaksanaan upacara oleh kelas yang ditunjuk secara terjadwal. 
JUM’ATMabit dan ImtaqGuru dan peserta didik mengikuti pelaksanaan kegiatan imtaq yang diisi dengan pembacaan Yasin, Sholat Dhuha, Do’a dan Zikir, Pidato dan tausiah dari salah satu guru.
JUM’ATJum’at BersihSebelum proses belajar mengajar, guru dan peserta didik melakukan kegiatan jum’at bersih dan gotong royong di masing-masing kelas serta halaman sekitar madrasah.
Previous Article
Next Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *